Peran Sekop Api Dalam Kehidupan Manusia

Petani Menggunakan Cangkul
By: PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo 6 April 2024

Pendahuluan

Mungkin ada yang bingung kenapa judulnya "Sekop Api" memang apa bedanya dengan sekop biasa ?. Seperti yang kita ketahui secara umum sekop umumnya berbentuk panjang, gagangnya terbuat dari kayu dan ujungnya dari besi, logam, aluminium. Yang berfungsi sebagai menggali tanah, memindahkan tanah. Tetapi apakah anda tahu perbedaan sekop biasa dan sekop api ?.

Perbedaan Antara Sekop Biasa Dan Sekop Api

Pekerja menggunakan Sekop Api
  • Kegunaan

    Perbedaan yang menonjol adalah kegunaan atau fungsinya yang berbeda, sekop biasa pada umumnya sebagai penyendok tanah, memindahkan tanah, menggali lubang, memindahkan material. Sedangkan manfaat sekop api adalah untuk memadamkan api, Anda pasti berpikir "bukankah sama saja ?, dari bentuk juga mereka tidak ada bedanya". Kalau begitu mari lanjutkan ke poin ke 2.

  • Bahan Yang Berbeda

    Kegunaan dari kedua alat tersebut saja sudah berbeda apalagi bahan pembuatannya. Mata pisau sekop biasa terbuat logam seperti besi yang didesain untuk menggali tanah, memindahkan material dan berfokus di bidang konstruksi dan pertanian.

Sedangkan mata pisau sekop api terbuat dari logam, besi yang tahan panas dan didesain untuk memindahkan bara api, memadamkan api dan material yang berhubungan dengan api. Genggamannya pun berbeda yang biasa tidak dilapisi dengan perlindungan terhadap api sehingga tidak membuat cedera si pengguna.

Para petani di indonesia menggunakan alat ini untuk bercocok tanam, membongkar tanah pada lahan yang ingin ditanam. Selain digunakan untuk membajak sawah, alat ini sudah menjadi rekan bagi seorang petani karena akan selalu berguna di setiap waktu.

Cara Menggunakan Sekop

  • Berdiri dengan kaki selebar bahu
  • Ambil sekop dan pegang menggunakan kedua tangan
  • Posisi tangan kanan ada di ujung atas sedangkan tangan kiri agak ketengah
  • Pastikan genggaman tangan nyaman dengan Anda
  • Badan agak membungkuk sedikit
  • Ayunkan kedua tangan ke bagian bawah material
  • Angkat dan pindahkan sesuai dengan kebutuhan
  • Dan jangan lupa untuk beristirahat
Pekerja dalam Pabrik menggunakan Sekop Api

Cara Merawat Dan Menyimpan

  • Merawat secara berkala

    Setelah setiap penggunaan, bersihkan sekop api dari sisa-sisa bara api, abu, atau residu lainnya.

  • Periksa Kekencangan Pegangan

    Pastikan pegangan sekop api tetap kencang dan tidak kendur.

  • Perawatan Logam

    Jika terdapat karat atau korosi pada bagian logam sekop api, gunakan sikat kawat atau amplas halus untuk menghilangkan karat tersebut.

  • Penyimpanan yang Tepat

    Simpan di tempat yang kering dan terlindung dari hujan atau sinar matahari langsung.

  • Hindari Pemanasan Berlebih

    Jangan biarkan sekop api terpapar langsung dengan api dalam waktu yang lama atau pada suhu yang sangat tinggi. Hal ini dapat merusak lapisan pelindung dan memperpendek umur pakai sekop.

Dapatkan Sekop Terbaik di PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo

PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo menjadi salah satu produsen alat-alat pertanian dan konstruksi yang berkualitas di kota surabaya. tidak hanya memproduksi sekop saja tetapi menyediakan alat-alat pertanian berkualitas bagi para petani yang sudah bersertifikasi SNI ( Standar Negara Indonesia ).

Sebagai produsen cangkul dan alat-alat pertanian PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo menawarkan barang berkualitas tinggi dan harganya pun terjangkau. Anda bisa memesan barang sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan karena kami dapat memenuhi permintaan produk yang diinginkan.

Segera hubungi kami, operator kami siap membantu Anda untuk menjawab semua kebutuhan Anda yang terkait dengan produk kami, pembelian dan informasi yang mungkin Anda perlukan tentang pemesanan dan pengiriman, atau untuk permintaan lainnya.

    avatar
    Penulis PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo

    Kami selalu memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca apapun tentang alat pertanian dan pertukangan yang dapat membantu rakyat Indonesia maju.