Fungsi Dan Manfaat Cangkul Untuk Manusia

Petani Menggunakan Cangkul
By: PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo 5 April 2024

Pendahuluan

Cangkul adalah alat tradisional sederhana yang digunakan di pertanian yang berfungsi untuk menggali, memindahkan tanah, membentuk tanah, membersihkan tanah, dan bercocok tanam. Alat ini bentuknya seperti huruf L atau angka 7 (tujuh) terbalik. Alat ini terbuat dari dua bahan material yang berbeda, yang terdiri dari bilah yang dipasang tegak lurus dengan gagang yang panjang. Bilah cangkul dari besi,baja, atau logam dan gagangnya terbuat dari kayu.

Fungsi untuk Para Petani

Petani Menggunakan Cangkul untuk Menanam

Cangkul menjadi peran penting dalam kehidupan manusia terutama dengan mata pencaharian sebagai petani. Suma’mur (1987) menyatakan bila dilihat dari fungsinya yang dapat melipatgandakan kemampuan daya tahan tangan manusia sebagai sumber tenaga yaitu sebagai:

  1. Memecah
  2. Menarik
  3. Mengaduk
  4. Mengangkat tanah atau barang lain
  5. Membuat saluran
  6. Melubangi tanah

Para petani di indonesia menggunakan alat ini untuk bercocok tanam, membongkar tanah pada lahan yang ingin ditanam. Selain digunakan untuk membajak sawah, alat ini sudah menjadi rekan bagi seorang petani karena akan selalu berguna di setiap waktu.

Komponen Pada Cangkul

Cangkul umumnya mempunyai 2 bagian yaitu gagang dan mata pisau:

  • Gagang

    Gagang atau pegangan dibuat dari kayu, yang berfungsi sebagai pegangan pada tangan manusia, untuk membuat gagang yang nyaman sesuaikan dan pilihlah kayu yang bagus supaya tidak melukai tangan si pengguna.

  • Mata Pisau

    Mata pisau terbuat dari besi,baja, atau logam yang ditempa, untuk mata pisau sendiri pastikan tajam dan bisa mencangkul tanah saat digunakan.

Cara Menggunakannya

  • Berdiri dan agak membungkuk
  • Pegang gagang cangkul menggunakan 2 tangan
  • Ayunkan mata pisau ke tanah
  • Angkat cangkul yang sudah tertancap di tanah
  • Jangan lupa untuk beristirahat secara berkala

Perawatan yang harus dilakukan supaya awet

  • Bersihkan Setelah Penggunaan

    Cangkul (tangkai dan mata cangkul) setelah digunakan untuk mengaduk tanah dan pupuk kandang, biasanya kotor oleh sisa-sisa tanah dan pupuk kandang yang melekat pada cangkul. Bahan tersebut harus dibersihkan, karena bahan-bahan tersebut dapat mengakibatkan proses pengkaratan.

  • Perawatan Mata Pisau

    Jaga ketajaman mata pisau dengan mengasahnya secara berkala. Gunakan alat pengasah yang sesuai, seperti batu asah atau alat pengasah khusus untuk mata pisaunya. Hindari menggunakan mata pisau yang tumpul karena dapat meningkatkan risiko cedera.

  • Simpan dengan aman

    Selanjutnya disimpan pada tempat penyimpanan (bersih, kering), agar tetap baik dan mudah mencarinya.

Dimana untuk Mendapatkannya

  • Toko peralatan pertanian atau perkebunan
  • Toko peralatan dan perbaikan rumah
  • Toko online

Dapatkan Alat-Alat Pertanian Terbaik di PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo

PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo menjadi salah satu pabrik cangkul yang berkualitas di kota surabaya yang tidak hanya memproduksi cangkul saja tetapi menyediakan alat-alat pertanian berkualitas bagi para petani yang sudah bersertifikasi SNI ( Standar Negara Indonesia ).

Sebagai produsen cangkul dan alat-alat pertanian PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo menawarkan barang berkualitas tinggi dan harganya pun terjangkau. Anda bisa memesan barang sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan karena kami dapat memenuhi permintaan produk yang diinginkan.

Segera hubungi kami, operator kami siap membantu Anda untuk menjawab semua kebutuhan Anda yang terkait dengan produk kami, pembelian dan informasi yang mungkin Anda perlukan tentang pemesanan dan pengiriman, atau untuk permintaan lainnya.

    avatar
    Penulis PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo

    Kami selalu memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca apapun tentang alat pertanian dan pertukangan yang dapat membantu rakyat Indonesia maju.